-->

Jenis Jenis Artikel paling Populer di Media Internet

Ads 1

Jenis jenis Artikel paling Populer di Media Internet saat ini memang sangat beragam. Dalam artikel ini kami akan memberi edukasi secara lengkap dan akurat. Oleh karena itu, simak semua ulasan yang sudah terhimpun di halaman ini dengan seksama.

Secara umum, jasa penulisan artikel telah mempelajari lima jenis artikel di sekolah: artikel deskriptif, narasi, argumen, eksposisi, dan juga persuasi.

Apakah kamu pernah mendengar semuanya, atau bahkan sudah pernah membuat satu persatu dari jenis Artikel yang sudah kami sebutkan di atas? Saya pikir, kamu baru mengenalnya.

Sebelum kita masuk ke jenis artikel yang paling populer di Internet, ada baiknya untuk meninjau definisi dari lima kategori artikel yang tercantum di atas.

Jenis Jenis Artikel

Jenis jenis Artikel paling Populer di Media Internet

1. Deskripsi

Jenis Gaya pada artikel ini menggambarkan sesuatu atau memberikan informasi sedemikian rupa sehingga pembaca dapat merasakan, melihat, dan mendengar narasi atau peristiwa secara langsung. Secara sederhana, ini adalah gambaran (deskripsi) dari informasi apa saja kepada para pembaca-nya. Biasanya, artikel ini berbentuk esai. Di tulis dengan baik dengan tujuan memungkinkan pembaca untuk masuk dan mengalami suatu kejadian di artikel tersebut.

Artikel Deskripsi merupakan komponen penting dalam penulisan ilmiah. Dalam skenario ini, deskripsi bertindak sebagai media pertama untuk sebuah artikel. Penulis biasanya memberikan deskripsi di paragraf pembuka dan kedua dari sebagian besar tulisan ilmiah. Fokus artikel ini, bagaimanapun, adalah pada sebuah deskripsi.

Artikel jenis ini bersifat memberi petunjuk berarti kepada orang lain (Pembaca) tentang bagaimana melakukan suatu tugas secara teratur. Misalnya seperti: langkah-langkah yang harus di ikuti selama menuju Candi Borobudur, tata cara administrasi, dan layanan bermanfaat yang mungkin bisa kita gunakan di sana nanti.

Untuk mengilustrasikan Artikel Deskripsi ini, perhatikan contoh berikut!

Dari rumah, kamu dapat memilih Bus dengan jurusan ke Yogyakarta atau Bus yang melintas langsung ke Magelang. Biasanya, Bus ini bisa kamu temukan di terminal secara Borobudur. Tetapi kamu harus tahu! Tidak semua jenis Bus yang menuju ke arah Magelang berhenti di terminal.

Karena Bus itu tergolong dalam daftar Patas, kemungkinan besar hanya bisa kamu temukan di terminal tertentu saja. Dari rumah ke terminal Borobudur, kamu bisa naik angkutan umum mikrolet/minilet yang berjalur ke terminal. Perjalanan dari Terminal Tidar ke Terminal Borobudur kurang lebih berjarak 15 kilometer dan kemungkinan akan memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan.

2. Narasi

Sebuah Artikel Narasi adalah sepotong tulisan yang menceritakan kisah serangkaian peristiwa dalam urutan kronologis. Peristiwa yang telah tertuang dalam teks naratif dapat terjadi dalam kehidupan nyata atau hanya semata dibuat-buat untuk menghibur pembaca. Jenis artikel ini terdiri dari kisah atau kejadian secara kronologis atau berurutan (awal, tengah, dan akhir).

Karakter, konflik, dan solusi masalah semuanya termasuk dalam gaya artikel narsi. Cerpen, hikayat, biografi, dan otobiografi merupakan contoh karangan narasi yang saat ini sedang populer di media Internet. Karakteristik dari artikel Narasi sendiri antara ain sebagai berikut:

  • Berisi tentang cerita, dan bahkan kejadian tertentu. Konten ini umumnya di tulis dalam format cerita.
  • Naskah Cerita harus memiliki alur yang jelas dari awal hingga akhir.
  • Biasanya, terdapat naskah yang menggambarkan suatu kejadian atau pertengkaran.
  • Tema, tempat, cerita, tokoh, dan sudut pandang merupakan aspek pembentuk untuk jenis artikel Narasi ini.

3. Arguments

Artikel argumentasi adalah tulisan yang hanya memuat pemikiran, ide, atau pendapat penulis, serta data, opini, dan fakta untuk mendukungnya. Analisis argumen sendiri adalah proses yang melibatkan penguraian, pembedaan, dan penyusunan argumen sehingga dapat menghasilkan suatu kategori juga kelompok menurut kriteria yang ditentukan. Berikut ini adalah contoh penilaian validitas artikel argumentasi:

a) Hewan berkaki empat semuanya masuk dalam golongan mamalia. Sedangkan manusia semua juga masuk dalam kategori mamalia. Akibatnya, semua makhluk hidup yang memiliki empat kaki adalah binatang.

Contoh artikel Argumentasi di atas adalah argumen yang masuk akal, namun masih mengandung premis karena awalnya salah. Karena kesimpulan masih mengikuti premis, maka contoh argumen di atas masih di anggap sah.

b) Ada makhluk hidup yang berkaki dua. Manusia semua adalah makhluk hidup. Akibatnya, setiap manusia memiliki dua kaki.

Karena mengikuti premis-premisnya, contoh di atas adalah argumen yang masuk akal yang juga memberikan kesimpulan yang valid.

4. Eksposisi

Kata eksposisi sendiri berasal dari bahasa Inggris yakni expose yang artinya membuka, mendekonstruksi, atau mengungkapkan dengan lebih jelas. Teks eksposisi, di sisi lain, adalah teks atau artikel pendek, padat, benar, dan mendalam yang mencakup informasi atau penjelasan yang di urai secara singkat, padat, akurat, dan mendalam.

Berita di surat kabar dan petunjuk penggunaan adalah contoh dari artikel eksposisi. Sedangkan tesis, argumentasi, dan penegasan ulang adalah tiga bagian kunci dari struktur teks/artikel jenis eksposisi. Selebihnya, silahkan simak ulasan lengkap ketiga kunci dari struktur teks/artikel jenis eksposisi berikut ini:

  • Proposisi Opini (tesis). Adalah bagian dari karya yang menggambarkan pernyataan pandangan awal penulis (tesis) atau prakiraan berbasis fakta penulis mengenai suatu masalah. Bagian awal sering di sebut sebagai bagian pembuka atau narasi.
  • Argumentasi. Merupakan bagian tulisan yang menyajikan banyak argumentasi dan fakta yang dapat kita manfaatkan untuk mendukung atau menolak argumentasi atau sudut pandang penulis.
  • Penegasan ulang pendapat. Fase yang melibatkan penguatan pendapat yang telah mendapat dukungan oleh fakta di bagian argumentasi disebut penegasan kembali pendapat atau reiteration.

5. Persuasi

Persuasi, saat ini sering dikenal sebagai kalimat atau artikel persuasif, adalah proses mendorong, membujuk, atau memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Jenis artikel Persuasi dapat didefinisikan sebagai ajakan kepada seseorang dengan memberikan penjelasan dan prospek positif yang menarik.

Sedangkan makalah yang meyakinkan, menurut para ahli, adalah sebagai berikut:

  • Esai atau artikel persuasif, menurut Targian (1994:113), adalah esai yang dapat menarik perhatian seorang pembaca dan meyakinkan mereka bahwa pengalaman membaca itu penting.
  • Artikel persuasi, menurut Kaffer (2001:119), mencoba mengubah pemikiran orang lain agar mereka menerima dan melakukan apa yang kita inginkan.
  • Artikel persuasi, menurut Kaffer (2011: 118), adalah upaya untuk meyakinkan seseorang agar mau mengejar tujuan tertentu tanpa paksaan apapun.

Seperti yang sudah kami terangkan dalam artikel persuasif di atas. Tujuan penulis dalam menulis karya persuasif adalah untuk membujuk atau mendesak pembaca untuk percaya, dan melakukan apa yang sudah dikatakan oleh seorang penulis artikel.

6. How To

Karena mereka memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk membantu pembaca Anda melakukan tugas, maka artikel petunjuk adalah jenis konten yang berumur lebih lama yang berisi tentang panduan cara melakukan apapun. Alasannya sangat sederhana. Yaitu, karena sangat logis dan linier. Jenis artikel How To ini adalah salah satu topik favorit kami untuk di tulis. Tahukah Anda? Artikel ini bisanya menjadi kebutuhan sebagian orang.

Misalnya: Jika ragu, atau jika Anda tidak tahu cara menggunakan atau membangun apa pun, banyak orang, termasuk Anda, biasanya akan segera mencari berbagai solusi dengan mengetik-kan istilah tersebut ke mesin pencari seperti Google dan juga Search Engine lainnya.

Contoh Artikel How To: "Lakukan ini dulu. Kemudian lanjutkan dan lakukan. POOF! Hanya beberapa langkah lagi yang harus kamu lakukan! Selamat, Anda telah menyelesaikan semua instruksi yang saya berikan".

Namun, sebaiknya ada sisi lucu dalam menulis petunjuk: pemirsa Anda tidak semuanya ingin mempelajari cara melakukan aktivitas yang Anda jelaskan di artikel yang kamu terbitkan.

Apa yang kamu bicarakan?!? Ya, dia ingin tahu persediaan dan tugas apa yang harus dia selesaikan, serta bagaimana dia harus melakukannya. Artikel panduan Anda, di sisi lain, hanyalah sarana untuk mencapai tujuan baginya. Dia berusaha untuk mencapai sesuatu yang lebih besar. Dan itu bukan proses yang sederhana.

Dia membaca semua esai Anda untuk mempelajari tentang keuntungan bahkan tugas - apa yang diperlukan untuk menyelesaikan semua jenis pekerjaan. Artikel panduan Anda dimaksudkan untuk membuat kehidupan pembaca Anda lebih mudah, lebih sederhana, lebih bahagia, lebih bermanfaat, atau bahkan lebih aman.

Cari tahu apa yang di cari oleh pembaca! Selanjutnya, yakinkan mereka bahwa Anda akan memberi - dan Anda juga memiliki panduan yang menuntut semua pembaca untuk menyelesaikan bacaan yang kamu terbitkan.

7. This Is (Pengertian)

Artikel semacam ini, secara umum berisi informasi yang menjelaskan definisi atau frasa tertentu. Karakteristik Artikel semacam ini bisa sesingkat 300 kata, tapi jika disertakan contohnya, bisa juga sepanjang 1000 kata, bahkan lebih dari jumlah tersebut.

Masih bingung dengan jenis Artikel Pengertian? Ini adalah sebagian contoh kecil yang bisa kami temukan pada sebuah judul artikel jenis ini:

  • Apa Perbedaan Antara Online dan Offline?
  • Tahu apa arti istilah "tidak aman" dan apa artinya tidak aman.
  • Memahami apa itu resesi ekonomi, serta dampak dan penyebabnya

Jenis Artikel Pengertian biasanya di rilis oleh sebagian orang pada situs miliknya. Tujuannya, biasanya untuk memperkenalkan tentang materi yang akan mereka terbitkan (Jika situs berbasis Blog), atau memperkenalkan produk mereka yang masih baru (Jika situsnya berbasis perusahaan yang bergerak dalam suatu industri tertentu).

8. Storytelling

Mendongeng memerlukan lebih dari sekedar bercerita. Lebih dari itu, naratif merupakan teknik ampuh untuk menarik perhatian pendengar. Menurut Hubspot, Storytelling adalah praktik mengintegrasikan fakta dan cerita untuk berkomunikasi dengan orang-orang guna meningkatkan minat mereka terhadap apa yang sudah mereka tawarkan.

Saat mengiklankan produk atau layanan menggunakan kata-kata atau cerita, Anda dapat menggunakan pendekatan atau kemampuan ini. Di sisilain, jika Anda seorang copywriter di sebuah perusahaan, misalnya, Anda harus menjelaskan produk yang akan Anda jual.

Jenis artikel Storytelling biasanya berguna untuk menambah minat seseorang pada penjelasan Anda dan membangun hubungan antara Storytelling (copywriter) dan pengguna atau klien.

Anda tidak hanya dapat menggunakan strategi ini saat menyampaikan cerita dengan orang lain dalam bentuk artikel, tetapi Anda juga dapat menggunakannya saat berkomunikasi dengan pelanggan. Ketika Anda menggunakan strategi ini di artikel, maka Anda bisa meraih keyakinan bahwa ide dan komentar di artikel Anda akan di baca oleh rekan kerja atasan, dan orang lain yang membutuhkan artikel ini.

9. List Post

List Post (Posting daftar) adalah bagian dari materi atau artikel dengan struktur daftar, urutan, atau informasi. Ini mencakup daftar penyebab, jenis, teknik, metode, ide, dan saran, misalnya. Jenis artikel List Post berfokus pada satu topik, menyajikan sejumlah poin tentang masalah itu, dan menyimpulkan dengan ringkasan singkat. Fractl dan BuzzStream melakukan analisis mendalam terhadap lebih dari 220.000 artikel yang diterbitkan antara Juni dan November 2014 dan mereka menemukan bahwa List Post adalah jenis artikel yang paling banyak di Share oleh pembaca.

Sebelum itu, menurut pemeriksaan Buzzsumo dan Okdork terhadap 100 juta artikel, List Post masih berada di sisi bawah dengan infografis. Namun, yang menarik dari hal ini adalah popularitas materi yang dapat mereka bagikan berfluktuasi secara dramatis dari bulan ke bulan.

Hal yang paling penting untuk kamu ingat adalah bahwa jenis artikel List Post ini sangat konstan, yang berarti bahwa mengembangkan materi List Post akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih konsisten. Hal ini membuat penghitungan Return On Investment (ROI) menjadi lebih mudah.

10. Breaking News

Breaking news adalah salah satu artikel yang di dalamnya berisi sebuah informasi siaran apapun. Biasanya mengulas tentang kilas kriminal, warta, atau sebuah kejadian yang terjadi di suatu tempat. Sekarang ini, kita bisa menemukan banyak sekali jenis Artikel Breaking News dari berbagai media. Liputan 6 atau kompas.com adalah salah satu contoh media yang saat ini terus memproduksi artikel Breaking News.

Berbeda dengan breaking news yang kamu temukan di berbagai saluran televisi atau radio yang umumnya mengacu pada berita penting yang menginterupsi suatu program. Artikel Breaking news di media online ini cenderung memiliki definisi yang lebih luas karena lebih menekankan pada istilah “berita”, terutama sangat terlihat jelas pada nilai beritanya.

Satu hal yang harus kamu tahu tentang Jenis artikel ini adalah, biasanya berisi detail tentang peristiwa yang tidak terduga, mengejutkan, atau bahkan berdampak besar. Di sisi lain, biasanya artikel jenis ini menggunakan judul yang mengandung nilai Click Trough Right (CTR).

11. Studi Kasus

Sederhananya, studi kasus adalah artikel yang memuat metode penyelidikan atau pemeriksaan yang mendalam, menyeluruh, dan juga ekstensif. Artikel ini biasanya diterbitkan pada situasi tunggal atau unik.

Studi kasus sendiri dapat dapat muncul akibat adanya sebuah prosedur atau penelitian yang berlangsung secara formal. Dalam hal ini, banyak bidang, termasuk ilmu sosial dan eksakta. Bahkan beberapa penerbit saat ini kerap menggunakan artikel studi kasus untuk memenuhi kebutuhan studi mereka.

Secara umum, artikel Studi kasus ini mengacu pada orang tertentu, organisasi, peristiwa, kejadian, perilaku, dan sejumlah hal lain sebagai kasus. Semuanya tergantung pada subjek atau topik yang sudah direncakan sebelumnya. Selanjutnya, definisi istilah kasus sendiri mungkin berbeda. Tentu saja hal ini tetap bergantung pada interpretasi peneliti terhadap data dalam penelitiannya.

12. Product Review

Laptop, ponsel, kamera, layanan desain logo, dan juga produk atau layanan lainnya dievaluasi dalam artikel semacam ini. Contoh headline yang bisa Anda gunakan saat menulis artikel review produk adalah sebagai berikut.

  • Review Asus VivoBook Ultra k403FA
  • Fitur Premium Laptop Thin Body
  • Tempat Wisata dan Harga Tiket Tour di Lombok

Menulis artikel Product Review, sebenarnya tampak mirip seperti anda menulis artikel pada umumnya, yang tetap memiliki tujuan. Dalam artikel jenis ini, seorang penulis harus sanggup mendeskripsikan sebuah produk. Produk yang akan di Review biasanya sesuai dengan minat orang lain yang kemudian menghasilkan income.

Secara singkat, Artikel Review mendeskripsikan sebuah barang atau jasa sesuai dengan kondisi fisik, riwayat, dan tentang produk, harga hingga tingkat kepopuleran produk tersebut. Dalam hal ini, Jasa Penulis Artikel SEO juga menawarkan Artikel Review yang bisa lihat langsung di halaman ini. Sekarang, tingkatkan penjualan anda dengan memanfaatkan jasa penulisan Artikel kami.

13. Opini

Artikel opini adalah salah satu jenis tulisan yang didalamnya berisi opini, ide, pemikiran, atau bahkan keluhan tentang kejadian terkini di masyarakat dengan memanfaatkan bahasa yang sederhana. Di sisi lain, artikel opini adalah tulisan yang penulisnya menyampaikan pandangannya tentang berbagai data, peristiwa, fakta, dan keadaan lainnya. Secara umum, jenis Artikel ini dapat kamu temukan di berbagai media surat kabar dan jurnal.

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, Artikel opini sendiri selalu bersifat subjektif, artinya didasarkan pada prasangka suatu pihak atau individu. Meskipun demikian, artikel jenis ini harus tetap menggunakan data dan fakta untuk mencapai kesimpulan. Tak hanya itu saja. Bahkan, Artikel opini ini didasarkan pada keprihatinan dunia nyata. Apa arti dari semua itu? artinya artikel jenis ini harus di tulis sesuai dengan fakta yang terjadi dalam kehidupan.

14. Infografis

Artikel Infografis adalah karya presentasi visual yang berisi informasi dengan memadukan berbagai gaya teks dengan sejumlah objek pendukung termasuk foto, grafik, tipografi, dan fitur lainnya. Infografis statis, animasi, dan interaktif adalah tiga bentuk infografis. Untuk membuat artikel infografis yang sederhana untuk pemula, setidaknya ada tujuh tahapan yang harus kamu lakukan.

Artikel jenis ini memiliki kelebihan yang hampir tidak tersedia di jenis karya lainnya. Termasuk peningkatan brand awareness, Optimasi SEO, kemudahan penggunaan, peningkatan terhadap minat baca, bahkan adanya penggunaan sebagai media promosi.

Berdasarkan dari tingkat kerumitan, artikel Infografis memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi daripada Artikel standar. Namun, di layanan kami, Anda dapat memesan artikel infografis dalam bahasa Indonesia ini dengan harga cuma Rp200.000 dan tentu saja mengandung potensi yang lebih unggul.

Penawaran Artikel

Bingung dan tidak bisa membuat karya artikel sendiri? Serahkan semua kebutuhan artikel Anda langsung kepada kami. Lihat penawaran, lakukan pemesanan, lakukan pembayaran dan tunggu artikel Anda. Itulah jenis jenis artikel yang harus kamu pahami dari sekarang.

Ads 2